Blog

Divis Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 Sinergis Sosialisasikan Penanganan Virus Corona Kepada Masyarakat

CIBINONG-Divisi Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 yang terdiri dari unsur Orgnisasi Perangkat Daerah (OPD), Kodim 0621 dan Polres Bogor sinergikan tugas sosialisasi penanganan virus corona dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Bogor. Rapat koordinasi dilaksanakan di Aula Rapat Diskominfo Kabupaten Bogor, Cibinong, Kemarin (13/4).

Ketua Divisi Komunikasi Publik, Dadang Irmansyah menjelaskan, hal-hal yang dibahas pada rakor tersebut adalah penguatan dalam sosialisasi dan edukasi penanganan covid-19, serta penerapan PSBB di Kabupaten Bogor. Diantaranya, sosialisai dan publikasi harus melalui persetujuan dari tim Gugus Tugas Covid-19 dengan mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup).

“Sosialisasi terus dilakukan secara masif dengan menggunakan seluruh media komuikasi yang ada seperti spanduk, baliho, videotron, majalah, radio, dan media sosial yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor maupun berkerjasama dengan pihak swasta dan media massa baik cetak maupun elektronik,” terang Dadang.

Dadang menambahkan, saat ini kami juga secara intensif mesosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Teknis PSBB di Kabupaten Bogor tentunya akan berbeda dengan di DKI Jakarta karena memperhatikan kultur masyarakat dan karakter wilayah yang berbeda.

Perwakilan dari Polres Bogor menjelaskan, pembuatan konten sosialisasi dan publikasi harus menarik disimak dan mengena tanpa harus panjang lebar. Setiap konten harus berkaitan dengan usaha penanggulangan wabah Covid-19. Dan diaharapkan seluruh pihak yang tergabung dalam Gugus Tugas berperan aktif mempublikasikan konten sosialisasi tersebut.

“Terkait penerapan PSBB, Polres Bogor akan mensosialisasikan penentuan checkpoint, jumlah titik masih ditentukan sesuai perkembangan,” terangnya.

Selanjutnya perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengatakan, konten sosialisasi harus menggunakan logo resmi sebagai identitas agar dapat dipertanggungjawabkan serta penggunaan hastag sebagai karakter.

Kemudian perwakilan Kodim 0621 Kabupaten Bogor mengatakan, sosialisasi berkala harus dilakukan terutama mengenai zona merah dan titik-titik yang dijaga agar masyarakat tetap waspada.

Divisi komunikasi publik Gugus Tugas Covid-19 yang terdiri dari unsur OPD Kabupaten Bogor, Kodim 0621 dan Polres Bogor senantiasa menciptakan kondisi masyarakat yang memahami segala informasi mengenai penanganan virus corona di Kabupaten Bogor dan dapat menangkal berita-berita hoaks.

(Rido/Dewi/Diskominfo)