Blog

Harganas 2019, Wakil Bupati Bogor Ingatkan Ketahanan Keluarga

Release Diskominfo Kabupaten Bogor

24-9-2019

 

Cibinong- Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 dan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 digelar di Jungleland Sentul, Kecamatan Babakan Madang,pada Selasa (24/9).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan berserta tim Penggerak PKK Kabupaten Bogor Halimatu Sadiah dan Unsur Muspida Kabupaten Bogor serta Kepala OPD dan Camat. Sekaligus launching kegiatan Sekolah Ibu Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) dan Launcing kegitan Ngabring Ka Sakola (Ngabaso)

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya, peran keluarga sangat penting sebagai tempat pertama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkarakter, penanaman nilai-nilai agama dalam keluarga menciptakan  karakter manusia yang bertakwa dan menghargai kebhinekaannya sehingga terwujud bangsa yang berkualitas , tangguh dan mandiri.

“Harganas dan HAN  adalah momentum yang sangat istimewa yang harus terus diingat dan direnungi sebagai bentuk kesadaran keluarga dalam bentuk keluarga yang berkualitas,” ujarnya.

Ia juga menambahkan keluarga adalah wahana pertama bagi perkembangan sumber daya manusia yang berkualitas. untuk itu perlu adanya upaya meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik maupun non fisik agar keluarga harmonis yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan anggota-anggota keluarganya dapat terwujud, maka dari itu cinta keluarga adalah cinta terencana , tanpa sebuah perencanaan sulit melahirkan keluarga yang penuh cinta kasih .

“Harganas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran. Serta peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga,” ungkapnya.

Ia juga berharap di Kabupaten Bogor dapat terlaksana peran serta Pemerintah, Mitra Kerja, Swasta, Masyarakat dan keluarga secara optimal, yang meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta lingkungan.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor Nurhayati menjelaskan peringatan Harganas dan HAN dilaksanakan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan Negara. Sehingga dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antar anggota keluarga.

“keluarga sebagi soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak. Dalam even nanti akan disuguhkan beragam rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan misi Harganas dan HAN,” katanya.

(Andi/Diskominfo Kabupaten Bogor)