Blog

KARSA BOGIOR SEHAT HADIR KEMBALI, EDISI 2 DI TAHUN 2021 BERTEMAKAN LEBIH PERCAYA DIRI DENGAN BEDAH PLASTIK

Cibinong- Program Karsa Bogor Sehat kini hadir kembali di Radio 95,3 FM. Hadir setiap hari Kamis, pukul 9 pagi, Delis Noor Awalia Penyiar Radio Tegar Beriman Diskominfo Kabupaten Bogor siap menemani sahabat pendengar dan juga memandu dialog tersebut. Kali ini, Kamis, Tanggal 28 Oktober 2021. Program Karsa Bogor Sehat Hadir dengan narasumber dari RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor. Yakni dr. Fatma Afira, SP. Bp-Re (Dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik) hadir menemani sahabat pendengar dengan informasi seputar tindakan bedah plastik rekonstruksi maupun estetik. 

Dalam dunia medis, tindakan bedah plastik tidak hanya dilakukan untuk tujuan estetika saja. Namun ada beberapa hal pendorong lainnya dalam tindakan bedah plastik yakni faktor kecelakaan, Kelainan bawaan lahi, kelainan genetika, seperti bibir sumbing dsb. Namun kini, dikalangan masyarakat familiar dan umum mengistilahkan bedah plastik adalah merupakan sebuah tindakan bedah untuk memperelok wajah atau bentuk tubuh, padahal lebih luar daripada itu. 

Menurut dokter fira, biasa ia disapa "Bedah Plastik bukan hanya menangani kasus-kasus estetik seperti memancungkan hidung, membuat pipi tirus, membuat kelopak mata, menaikan alis  dan lain sebagainya, tetapi juga menangani kasus-kasus rekontruksi, seperti bawaan lahir, kelainan genetik, luka kronik, bibir sumbing, luka bakar dan lain-lain" Jelasnya.

Terkait BPJS, dokter fira juga mengungkapkan bahwa untuk tindakan bedah plastik rekonstruksi bisa dengan memanfaatkan BPJS namun tentu dengan rujukan dari fasilitas kesehatan atau FASKES Tingkat pertama terlebih dahulu. Bagi pasien yang hendak melakukan tindakan Bedah Plastik dengan tujuan estetika seperti memancungkan hidung, melebarkan bibir, meniruskan pipi dsb tidak dapat menggunakan BPJS.