Blog

Melalui Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Bogor Bupati Bogor Tetapkan Sembilan Program Prioritas Tahun 2021

CIBINONG- Untuk membangun Kabupaten Bogor melalui pancakarsa, Bupati Bogor Ade Yasin, menegaskan ada sembilan program perioritas Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2021. Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2021 di Gedung Tegar Beriman, Senin (16/3).
“Hasil dari Musrenbang tingkat kelurahan, desa dan kecamatan, forum perangkat daerah. Kita sepakati ada sembilan prioritas program kegiatan Pemkab Bogor, yang berorientasi pada kebutuhan dan keberlangsungan hidup 5,8 juta jiwa penduduk Kabupaten Bogor. Tentunya dengan pemikiran, diskusi dan kerja keras seluruh pihak di semua lini,” tegasnya.
Tambah perempuan nomor satu ditegar beriman yang akrab disapa Ade, menjelaskan, sembilan perioritas program kegiatan di Kabupaten Bogor yakni. Ketahanan atau mitigasi bencana dan lingkungan hidup, pendidikan, kemiskinan, ketimpangan wilayah. Konektivitas infrastruktur wilayah, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan, pariwisata dan kebudayaan  olahraga daerah dan lainnya.
“Kami berharap melalui forum ini visi Pemerintah Kabupaten Bogor menjadikan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban melalui RPJMD, dapat mewujudkan pembangunan Kabupaten Bogor melalui realisasi program Pancakarsa,” imbuhnya.
Ditempat yang sama, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Syarifah Sopiah mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2021 merupakan wadah untuk menyepakati rancangan program kegiatan dalam mengatasi berbagai persoalan daerah, memetakan perioritas program kegiatan daerah berdasarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor.
“Kami berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari 16-17 Maret 2020 ini. Dapat lahir kesepakatan melalui Peraturan Bupati mengenai Rencana Kerja (Renja) tahun 2021. Untuk itu masukan, saran sangat dibutuhkan dari seluruh pemangku kepentingan guna mewujudkan Pembangunan Kabupaten Bogor yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” paparnya.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim menuturkan, program kegiatan yang telah direncanakan Pemerintah Kabupaten Bogor tidak terlepas dari aspirasi masyarakat. Berdasarkan hasil reses DPRD Kabupaten Bogor, program dan kegiatan singkronisasi berdasarkan kebutuhan masyarakat dilapangan. 
“Melalui kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2021, bisa menjadi sarana merealisasikan aspirasi masyarakat yang nantinya akan tertuang dalam anggaran. Sehingga rumusan yang dihasilkan dapat memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,“ imbuhnya.
(Dewi/Azi/Diskominfo Kabupaten Bogor)