Blog

Pelantikan BWI Kab. Bogor, Ketua BWI Jabar: Wakaf Jadi Jariah

Kantor Kemenag Kab. Bogor mengadakan Pembinaan PPIW ditambah dengan Agenda pelantikan Pengurus Perwakilan BWI Kab.Bogor Periode Tahun 2019-2022 oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Prof. H. Dedi Mulyasana, di Aula Kantor pada Hari Rabu (11/9). Hadir pada pelatikan ini yaitu jajaran pejabat Kankemenag Kab. Bogor, Ketum MUI Kab.Bogor, dan Ketua BWI Perwakilan Prov.Jabar.

Kepala KanKemenag mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini yang dapat menjaga, melestarikan, mengelola administrasi, dan mengembangkan Wakaf serta tata cara pengajuan sertifikat wakaf ke kantor pertanahan Kabupaten Bogor berdasarkan atas haknya atau bukti tanah kepemilikan Wakif atau yg memberikan Wakaf yang memang saat ini belum sepenuhnya berjalan optimal.

"Dari data Wakaf di Kabupaten Bogor, 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor sekitar 5.686 lokasi dengan luas 4.433.680 M2 dengan rincian yang sudah bersertifikat Wakaf sekitar 5.075 lokasi dengan luas 3.712.514 M2, yang sedang proses di kantor pertahanan Kabupaten Bogor 61 lokasi denga luas 6.2710 M2 dan yang belum bersertifikat atau masih akta ikrar Wakaf 550 lokasi dengan luas 658.456 M2,” paparnya.

Ia mengasumsikan jika potensi tanah Wakaf di wilayah kerja kabupaten Bogor masih cukup besar, begitu pula potensi yang ada di masyarakat. "Kendalanya adalah kurangnya sosialisasi mengenai pengelolaan atau manajemen wakaf," ujarnya.

Kepala Kankemenag meminta kepada Para pejabat pembuat akta ikrar Wakaf (PPAIW atau Kepala KUA) Kecamatan se-Kabupaten Bogor perlu memahami Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2006 tentang Wakaf teknis tata cara pembuatan akta ikrar serta tata cara pengajuan sertifikat Wakaf ke Kantor Pertahanan Kabupaten Bogor sejatinya bertujuan untuk melindungi, mengawasi dan menata pengelolaan tanah Wakaf yang lebih baik. 

Kegiatan  Pembinaan PPAIW diselenggarakan oleh Seksi Penais Zakat dan Wakar dengan peserta 50 orang, 40 orang perwakilan KUA Kecamatan, 10 orang  anggota BWI perwakilan Kabupaten Bogor,  dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor H. Dadang Ramdani.

Susunan Pengurus Perwakilan BWI Kab. Bogor Masa Jabatan Tahun 2019-2022

Dewan Pertimbangan

Ketua       : Hj. Ade Munawaroh, SH.,MH

Anggota : H. Dadang Ramdani, M.Si

                     DR. KH. Mukri Adji, MA., MH 

Badan Pelaksana

Ketua               : Drs. H. Maman Sulaeman, MM

Wakil Ketua : Drs. H. Tatang Achmad Danial

Sekretaris      : H. Ujang Suprianta, S.Ag., M.Pd.I

Bendahara     : M. Cecep  Iskandar, S.Ag.,M.Si

Divisi-divisi

Pembinaan Nazhir : Drs. KH. Khusnudin

Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf : Wawan Setiawan, S.Pd.I

Hubungan Masyarakat : Ahmad Mudofir, S.Ag

Kelembagaan dan Bantuan Hukum : Dede Pahruroji, M.Pd

Penelitian dan Pengembangan Wakaf : Tohirudin, M.Pd