Blog

Pemkab Bogor Siapkan Sanksi Untuk Pelanggar New Normal

Bogor - Pemerintah pusat akan menerapkan new normal di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Selaras dengan pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun akan menyiapkan regulasi untuk penerapan new normal.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, mengatakan sektor pariwisata, mal, atau pelaku usaha yang bergerak di bidang selain yang dikecualikan, diperbolehkan beroperasi ketika new normal. Namun pelaku atau asosiasi tersebut harus berkomitmen untuk mengikuti peraturan yang ada.

"Iya kita akan lihat pertanggungjawaban mereka juga. Jangan cuma siap tapi kondisinya tidak siap. Iya (sanksi yang melanggar) akan beda dengan (sanksi) PSBB," kata Syarifah di Kantor Bupati Bogor Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (28/5/2020).

Dia mengatakan sanksi ini masih akan dibahas lebih lanjut. Pemkab Bogor, kata dia, akan membuat Peraturan Bupati (Perbup) untuk penerapan new normal. Dalam Perbup tersebut, berisi ketentuan dan sanksi new normal.

Syarifah pun menjelaskan ada beberapa aturan yang harus dipatuhi ketika new normal diterapkan, yakni wajib menerapkan social dan physical distancing serta menjalankan protokol kesehatan.

"Jadi kaya gini, kan yang dilihat itu prinsip, misalnya kebersihan. Dia menyediakan tempat cuci tangan. Paling sulit kan sebetulnya physical distancing. Nah physical distancing dengan cara itu, paling tidak 50 persen dari kapasitas (tempat) itu. Itu yang diinikan," ucapnya.

Syarifah mengatakan new normal di Kabupaten Bogor akan berjalan secara bertahap. Tempat-tempat seperti sekolah, pariwisata, mal, dan lainnya tidak akan langsung secara serentak dibuka.

"Jadi nggak semua boleh buka. Kalau semua boleh buka tapi mereka nggak siap, malah jadi malapetaka. Jadi kemungkinan, kita masih wait and see ya, ada semacam komitmen dari mereka dalam bentuk apa, integritas atau apa," imbuhnya.

 

Sumber

Artikel asli 

https://news.detik.com/berita/d-5032094/pemkab-bogor-siapkan-sanksi-untuk-pelanggar-new-normal