Blog

Ringankan Beban Warga Akibat PSBB

 

Ciomas- Ditengah situasi kondisi tanah air saat ini akibat wabah Covid 19 dan dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bogor, membuat kades Laladon melakukan terobosoan untuk menggelar program Laladon Berbagi  yang sifatnya untuk mengurangi beban masyarakat yang ada di wilayahnya.
Salah satu program sosial yang dilakukan Pemdes Laladon saat ini adalah pembagian nasi bungkus ( Nasi Bok ) buat masyarakat yang ada di wilayah Laladon.
“ Ini murni dan inisiatif dari Pemdes Laladon untuk menggelar kegiatan sosial pembagian nasi bungkus buat warga yang membutuhkan,” tegas Kades Laladon, Rusmin didampingi Babinsa Laladon, Casminto dan Babinkamtibmas Laladon, Galih di Posko Laladon Berbagi , minggu (19/4) kemarin siang.
Alhamdulilah untuk hari pertama, minggu (19/4)  kata Rusmin,  pihaknya sudah bisa memberikan sekitar 700 nasi bungkus yang dibagikan kepada  5 RW terlebih dahulu 
“ Mekanisme pemberiannya diberikan kepada perwakilan RW atau RT yang ada di wilayah Laladon,” tutur Rusmin lagi.
Insya Allah, sambung Rusmin, program  sosial  pembagian nasi bungkus ini akan dilanjutkan senin dan seterusnya , namun sasarannya kepada masyarakat yang ada di RW lainnya yang belum diberikan.
“ Kami lakukan ini secara bergiliran, hari minggu kami berikan kepada lima RW dulu, dan mulai senin (20/ 4) kami akan memberikan ke masyarakat di RW lainnya yang belum di berikan. Kebetulan di Laladon ini  jumlah RW nya lebih dari 10 ,jadi kami lakukan secara bergiliran mekanime pembagiannya ,” papar Rusmin.
Dalam kesempatan yang sama, tambah Rusmin,  pihak Pemdes Laladon selama ini sudah sangat Pro Aktif dalam melakukan  pemutusan mata rantai Covid 19 di masyarakatnya seperti dengan melakukan penyemprotan  Disinfektan kepada  sarana umum, penyemprotan  Disinfrektan ke Mushola , Mesjid, Mejlis dan rumah rumah warga .
Rusmin menambahkan, Pemdes Laladon juga selalu berkoordinasi dengan aparat RT, RW, Babinkamtibmas, Camat ataupun  Gugus Tugas Covid 19 tingkat Kabupaten Bogor  terkait memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19.
Tak hanya itu, sambung Rusmian, kedepanya ia juga akan mengajak para pengusaha yang ada di Laladon untuk ikut dalam program Laladon Berbagi  untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak dari adanya PSBB  akibat Covid 19.
Sementara itu, Casminto dan Galih, dua anggota Babinkamtibmas  Desa Laladon megatakan semua giat yang dilakukan Pemdes Laladon terkait memutus mata rantai Covid 19 ataupun antisipasi  dampak PSBB sudah sangat maksimal dilakukan.
“ Sejak awal adanya wabah Covid 19, Pemdes Laladon langsung cepat tanggap dan membentuk Satgas Covid 19 di tingkat RT dan RW yang ada di Laladon,” beber Casminto dan Galih
  Lebih lanjut, sambung Casminto dan Galih, ia juga terus memonitor situasi kamtibmas di wilayah Desa Laladon setiap hari.
“ Saat ini semuanya sangat kondusif, namun kami minta semua aparat RT dan RW untuk tetap menjaga Kamtibmas di  lingkungan masing masing untuk antisipasi  hal hal yang tidak diinginkan ,” tuntas Galih .
(Humas Kabupaten Bogor)